Buku

RESENSI BUKU: Filsafat Bagi Siapapun

Penulis: Trio Kurniawan, M. Fil (Dosen di STKIP Pamane Talino, Pendiri Betang Filsafat)

 

Judul Buku                  : Filsafat Bagi Siapapun

Penulis                         : Tim Penyusun LSF Discourse

Tahun Terbit                : 2020

Penerbit                       : Discourse Book

 

Sebelum membahas mengenai buku “Filsafat Bagi Siapapun” ini, mari kita berimajinasi sejenak. Bayangkan bahwa saya adalah seorang pedagang dan Anda adalah pembeli di toko saya. Saat Anda datang dengan maksud untuk berbelanja di toko saya, Anda akan mendengarkan penawaran saya atas produk-produk yang saya jual. Saya akan mempromosikan barang A, B, C dan lainnya sampai Anda tertarik.

Penawaran ini tentu saya lakukan bagi Anda yang baru datang ke toko saya dan belum memiliki niat untuk memberi barang tertentu di toko saya. Bagi Anda yang sudah tahu apa yang harus Anda beli, saya hanya akan mengarahkan Anda ke barang tersebut dan menjualnya kepada Anda. Sebagai catatan: toko saya ini luas dan lengkap. Di sekitar saya masih banyak toko-toko lain yang lebih kecil. Namun semua toko kecil itu adalah reseller dari produk-produk saya.

Buku “Filsafat Bagi Siapapun” ini menawarkan kebaruan dalam penyajian sebuah teks Filsafat. Menurut saya cara ini cukup unik. Buku yang ditulis oleh beberapa pencinta kajian Filsafat ini menggunakan “pendekatan dagang”. Membaca halaman-halaman awal buku ini, hingga lebih dari separuh bukunya, ibarat sedang mendengarkan seorang pedagang yang mencoba menawarkan Filsafat bagi para pembacanya.

Para Penulis di buku ini, menurut saya, cukup berhasil menunjukkan Filsafat sebagai kajian/ilmu yang layak untuk dinikmati siapapun. Mereka menyajikan “bonus” yang diperoleh jika mempelajari tema-tema Filsafat semacam logika, epistemologi, ontologi, etika dan masih banyak lainnya. Singkatnya, para Pembaca diajak untuk mendekat ke “lapak” Filsafat dan memilih sendiri “fitur atau konten” apa saja yang mau mereka nikmati di lapak tersebut.

Konten dari buku ini tak kalah menarik. Para Penulis menyajikan gagasan-gagasan kecil Filsafat secara sederhana bagi para penikmat Filsafat pemula. Analogi yang digunakan untuk menjelaskan konsep-konsep Filsafat juga diambil dari keseharian kita. Ini tentu sangat membantu Filsafat agar semakin “membumi”.

Saya sendiri bisa mengerti alasan konten di buku ini disajikan dengan cara demikian. Para Penulis di buku ini adalah pribadi yang saya kenal. Mereka adalah Penulis-Penulis muda yang dulu bergabung bersama saya dalam mempelajari Filsafat lewat komunitas Lingkar Studi Filsafat Discourse Malang. Konten di buku ini merupakan buah dari kegelisahan mereka selama ini tentang Filsafat. Penggunaan diksi yang sangat bersahabat merupakan jawaban atas kesulitan para Penulis muda ini dalam memahami teks-teks Filsafat saat awal mereka belajar Filsafat dulu.

Kalaupun ada kekurangan, buku ini memang tidak diperuntukkan bagi mereka yang sudah banyak mempelajari teks-teks Filsafat. Walaupun gagasan-gagasan Filsafat umum dibahas dengan lebih elaboratif, buku ini belum menyediakan informasi-informasi detail dan mendalam dari tema-tema Filsafat yang dibahas di sini. Buku ini benar-benar bagi Pembaca pemula.

Terlepas dari itu semua, saya menaruh hormat bagi para Penulis buku ini. Mereka adalah “jagoan” yang tidak pernah berhenti membagikan gagasan-gagasan Filosofis lewat komunitas mereka. Tema-tema di buku “Filsafat Bagi Siapapun” ini masih sangat terbuka untuk dikembangkan. Karena itu, saya yakin mereka akan mengambangkan tema-tema tersebut lewat tulisa mereka yang lainnya. Selamat membaca!

 

TRI_2020Mar12_Artikel Trio_009

Download PDF

1 thought on “RESENSI BUKU: Filsafat Bagi Siapapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *