Catatan

[CATATAN] SELAMAT DATANG SUPERHERO BARU!

Oleh Dr. J. Robini Marianto, MA., OP (Biarawan Dominikan, Ketua Yayasan Landak Bersatu)

 

Pernah menonton film Superman VS Batman?

Ada satu cuplikan dialog yang saya sukai. Dialog itu ditanyakan Batman ke Superman dalam film Batman Vs Superman (Dawn of Justice): “Tell me, do you bleed?”. Katakan pada saya apakah kamu pernah menangis, luka dan mengeluarkan darah? Pertanyaan ini masuk akal mengingat Superman itu tidak bisa dilukai dengan apapun juga, kecuali zat kriptonite. Secara tidak langsung keberadaan Superman itulah yang disebut superhero: tidak bisa luka, tidak bisa menangis, tidak berdarah dan tidak akan mati!

Masalahnya ada dua di sini: (a) manusia macam apa yang tidak bisa luka, menangis, berdarah dan tidak bisa mati? Apakah ini manusia atau bukan? dan (b) apakah ini Superhero?

Hari ini Gereja memperingati Tuhan Yesus yang menangis, luka, berdarah dan bahkan wafat di salib. Bacaan dari Nabi Yesaya mengatakan begitu buruk rupanya sehingga tak terbayangkan kengeriannya. Bahkan tidak pernah terceritakan sebelumnya. Kita bahkan melihat rupanya begitu buruk. NAMUN JANGAN LUPA: keburukannya justru terjadi karena luka-luka ditanggung-Nya. Oleh bilur-bilurnya (lukanya) kita disembuhkan dan ditebus!

Cita-cita superhero versi Superman selalu kita sukai dan dambakan. Itu sebabnya film Superman laku. Semua orang akan mendambakan demikian: tidak ada luka, tidak ada tangisan, tidak akan sakit dan menderita; bahkan kekal abadi. Tanya ke Donald Trump, negara asal superhero Superman, betulkah itu kenyataan di Amerika sekarang ketika berhadapan dengan virus Covid-19?

Luka, tangisan, penderitaan, kesusahan, berdarah dan bahkan mati adalah kodrat kemanusiaan kita. Namun hari ini kita diajarkan bahwa kodrat itu dilakukan dengan pilihan sadar. Bahkan di dalam penyerahan kepada Allah, sisi kerapuhan manusiawi menjadi berkat dan penebusan buat banyak orang. Banyak dari kita menolak kerapuhan dan bercita-cita jadi Superman. Selain tidak nyata, itu semua membawa kita pada PENYANGKALAN KEMANUSIAAN KITA dan MENUTUP SISI PENEBUSAN KEMANUSIAAN RAPUH yang bisa dilakukan kalau BERZIARAH DENGAN ALLAH YANG JUGA TURUT RAPUH DENGAN KITA.

St. Paus Yohanes Paulus II mengatakan penderitaan, luka, sakit dan kematian manusia apabila disatukan dalam iman dengan Salib akan mempunyai efek penebusan baik bagi kita maupun orang lain. Ini nilai yang sudah hilang. Matiraga, berkorban, bahkan kodrat kerapuhan kita; kalau dihidupi di dalam iman menjadi sebuah persembahan yang hidup untuk penebusan kita dan orang lain. Inilah arti kehidupan sebenarnya. Hidup tidak selalu menang. Allah BUKAN Allah orang menang. Allah juga adalah Allahnya orang kalah dan susah. Ia menemani Yesus yang susah. Maka jangan menolak kenyataan kerapuhan. Jangan menipu diri dengan menutupi kerapuhan kemanusiaan dengan operasi plastik kanan-kiri. Buang-buang uang hanya untuk menutupi kerapuhan dan kenyataan menjadi tua serta keriputnya kulit muka kita.

Terakhir, pernah nonton Film City of Angel yang diperankan Nicolas Cage dengan Meg Ryan? Dalam film itu, Nicolas Cage berperan sebagai malaikat yang turun ke bumi. Tiba-tiba ia jatuh cinta dengan seorang wanita yang diperankan Meg Ryan.

Suatu hari mereka masak di apartemen si cewek. Sejatinya malaikat, ia tidak butuh makan karena tidak ada kebutuhan badaniah. Namun karena ia jatuh cinta pada si cewek, ia belajar memotong sayur. Tetapi karena tidak bisa memotong sayur (makan saja tidak perlu), ia malahan memotong jarinya. Anehnya, tidak ada sakit dan darah (karena malaikat tidak berbadan, maka tidak akan sakit). Si cewek kaget. Bagaimana mungkin pisau cuma lewat dan tidak ada darah dan sakit? Akhirnya wanita itu bertanya: “Apakah engkau sungguh cinta aku?” Tentu malaikat itu menjawab: “Saya serius. Perasaanku padamu dalam.” Wanita itu berkata: “BAGAIMANA KAMU BISA TAHU KAMU PUNYA PERASAAN CINTA? PERASAAN SAKIT SAJA KAMU TIDAK PUNYA?”

Kalau kita tidak mau sakit dan tidak ada rasa sakit, bagaimana kita bisa tahu bahwa kita punya perasaan senang, bahagia dan mencintai? Bukankah itu artinya SAMA SEKALI TIDAK PUNYA PERASAAN?

KOSONG!

 

Sumber Gambar Featured: https://www.kompasiana.com/johntir/56f6da9d4c7a610a18a8b773/review-batman-v-superman-dawn-of-justice-menu-utama-dc-yang-hambar

TRI_2020Apr12_Artikel Romo Robini 016

Download PDF

2 thoughts on “[CATATAN] SELAMAT DATANG SUPERHERO BARU!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *